Minuman, Makanan, dan Pakaian Untuk Anak Usia 2- 3 Tahun

By | October 18, 2017

Anak usia 2-3 tahun tetap diberi minum susu minimal 3 kali sehari (pagi, siang, dan sore) dengan air rebusan kacang hijau. Agar tidak terlalu sering merebus kacang hijau, bisa merebus kacang hijau dalam satu panci (2-3 liter) lalu air rebusan tadi disimpan di kulkas. Jika sewaktu-waktu ingin membuatkan minum untuk anak, tinggal mengambil dari kulkas. Campurkan air kacang hijau tadi ditambah air panas, sehingga air menjadi hangat. Kemudian masukkan susu sesuai takaran. Agar rasanya manis, tambahkan madu atau ketika merebus kacang hijau tambahkan gula jawa. Setelah itu diaduk, dan siap dihidangkan ke anak.

Makanan untuk anak usia 2-3 tahun sudah mulai seperti orang dewasa, yaitu bubur kacang hijau, biskuit, nasi, sayur-sayuran yang tidak pedas, daging yang lunak, dan buah-buahan yang tidak asam. Yang penting, makanan anak selalu mengandung gizi seimbang dan memenuhi empat sehat lima sempurna. Sedangkan pakaian anak perlu memperhatikan kelengkapannya (manfaatnya), terutama untuk pakaian jalan harus bisa melindungi anak dari angin dan air. Misalnya, apabila diajak membonceng sepeda motor harus dilengkapi jaket antiangin dan air, celana panjang, penutup kepala, kacamata, kaos tangan, dan sepatu. Apabila naik mobil, tutup jendelanya agar angin tidak langsung menembus ke anak.

Pakaian keseharian anak, sebaiknya yang nyaman, menyerap keringat, dan praktis. Bagi anak laki-laki, celananya lebih aman memakai kolor, kancing, atau perekat, dan bukan resluiting (untuk menghindari terjepitnya alat kelamin).

Sedangkan untuk sepatu atau sandal anak, pastikan yang aman, tidak licin, enak dipakai, ujungnya tidak sempit, dan datar (tidak berhak tinggi).